BANDAR LAMPUNG, [Jumat, 25 Juli 2025] – Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung (Unila) yang bertugas di Kelurahan Rajabasa Raya, Kecamatan Rajabasa, hari ini melakukan kunjungan ke SMP Mutiara Bangsa. Kunjungan ini bertujuan untuk meminta izin dan berkoordinasi terkait rencana mereka memberikan sosialisasi mengenai bahaya phishing kepada para siswa.

Kedatangan perwakilan mahasiswa KKN disambut langsung oleh Kepala Sekolah SMP Mutiara Bangsa, Ibu Dra. Hj. Idawati, MM.,Pd. Dalam pertemuan tersebut, Laura Qolby dan Citra Nisausha’adah, selaku Penanggung Jawab Program Kerja sosialisasi Phising di Kelurahan Rajabasa Raya, menjelaskan urgensi program sosialisasi phishing.
“Kami melihat bahwa di era digital saat ini, siswa-siswi sangat aktif menggunakan internet dan media sosial. Namun, di sisi lain, mereka juga rentan menjadi target kejahatan siber, salah satunya phishing. Oleh karena itu, kami ingin membekali mereka dengan pengetahuan dasar agar dapat mengenali dan menghindari modus penipuan online,” papar Laura Qolby.
Para mahasiswa mempresentasikan modul materi yang telah mereka siapkan, yang mencakup definisi phishing, berbagai bentuk modusnya (seperti email atau pesan teks palsu, situs web tiruan), serta tips praktis untuk melindungi data pribadi dan akun daring. Mereka juga menyampaikan bahwa sosialisasi akan disampaikan dengan metode yang interaktif dan mudah dipahami oleh kalangan pelajar SMP.
Kepala Sekolah SMP Mutiara Bangsa, Ibu Dra. Hj. Idawati, MM.,Pd., menyambut baik inisiatif positif dari mahasiswa KKN Unila. “Kami sangat mendukung program edukasi ini. Pengetahuan tentang keamanan siber, terutama phishing, sangat relevan dan penting bagi siswa kami di zaman sekarang. Kami siap berkolaborasi untuk kelancaran kegiatan ini,” ujarnya.
Dengan diterimanya izin ini, tim KKN Unila akan segera menjadwalkan pelaksanaan sosialisasi phishing di SMP Mutiara Bangsa sebagai bagian dari kontribusi mereka dalam meningkatkan literasi digital dan keamanan siber di lingkungan Kelurahan Rajabasa Raya.
